Apa itu Pemrograman? Pengertian Dan Cara Kerjanya

Apa itu Pemrograman? Pengertian Dan Cara Kerjanya - Hallo sahabat Berbagi Tips Trik Apa Saja, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Apa itu Pemrograman? Pengertian Dan Cara Kerjanya, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Komputer, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Apa itu Pemrograman? Pengertian Dan Cara Kerjanya
link : Apa itu Pemrograman? Pengertian Dan Cara Kerjanya

Baca juga


Apa itu Pemrograman? Pengertian Dan Cara Kerjanya

Apa itu Pemrograman? Pengertian Dan Cara Kerjanya

Berbicara mengenai pemrograman pastinya tidak lepas dengan yang namanya komputer dan teknologi digital lainnya. Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa saat ini teknologi komputer sedang menguasai sebagian besar aktivitas manusia.

Bagaimana tidak, kegiatan pengarsipan, pengiriman surat, jual-beli barang, hingga pembayaran listrik bisa dilakukan dengan sangat mudah melalui teknologi komputer ini.

Yang tak kalah hebatnya lagi yaitu penggunaan media komputer secara menyeluruh pada semua instansi-instansi, baik sekolah maupun perusahaan.

Mungkin sebagian besar orang sudah terbiasa melihat komputer, atau bahkan sudah sering melakukan interaksi dengan komputer.

Yap, semua orang bisa saja berinteraksi dan menggunakan komputer, namun ketahuilah tidak semua orang bisa memberikan instruksi kepada komputer sesuai dengan keinginan kita.

Tapi, dengan mempelajari dan mengaplikasikan ilmu pemrograman, maka hal ini bukanlah masalah besar. Seorang programmer bisa saja bermain dengan komputernya atau bahkan memperbudak komputernya untuk melakukan segala sesuatu yang diinginkan.

Bagaimana, hebat bukan?

Programmer sendiri merupakan orang yang menguasai atau memiliki kemampuan serta pemahaman akan ilmu pemrograman.

Nah, lalu apa sih pemrograman itu?

Secara sederhana pengertian pemrograman adalah suatu kegiatan menganalisa, merubah, menambah, serta menjalankan kode-kode komputer agar berjalan sesuai dengan keinginan kita.

Kode-kode komputer itu dinamakan bahasa pemrograman, dimana bahasa pemrograman ini terbagi menjadi banyak jenis dan macamnya. Beberapa bahasa pemrograman yang sering digunakan antara lain:
  • HTML
  • CSS
  • Javascript
  • PHP
  • JQUERY
  • Rubby
Melalui kode-kode pemrograman tersebut, kegiatan pemrograman dapat berjalan dengan sempurna. Tanpa mengerti serta memahami dengan baik bahasa pemrograman, maka akan sangat sulit melakukan kegiatan pemrograman.

Nah, kegiatan pemrograman pada dasarnya berjalan dengan memanfaatkan kode-kode atau bahasa pemrograman yang dimengerti oleh komputer. Ketika seorang programmer berhasil membuat sebuah program dan menjalankan program tersebut, maka akan ada dua kemungkinan saja yaitu:
  1. Komputer menjalankan tugas sesuai instruksi yang ada dalam program.
  2. Komputer tidak melakukan instruksi dengan benar.
Jika komputer tak bisa menjalankan instruksi dengan baik, maka kemungkinan utamanya adalah karena adanya kesalahan pada pembuatan program.

Nah setelah kita membahas beberapa hal tentang pemrograman, maka dapat kita simpulkan bahwa pemrograman adalah:
  • Pemrograman adalah ilmu pengetahuan: Karena menggunakan algoritma yang digambarkan dengan matematika dan sains.
  • Pemrograman adalah skill: Karena membutuhkan keterampilan dan perancangan.
  • Pemrograman adalah rekayasa: Karena membutuhkan perpaduan antara ukuran program, kecepatan, waktu (termasuk development dan debugging).
  • Pemrograman adalah seni: Karena melibatkan kreatifitas dan imajinasi.


Demikianlah Artikel Apa itu Pemrograman? Pengertian Dan Cara Kerjanya

Sekianlah artikel Apa itu Pemrograman? Pengertian Dan Cara Kerjanya kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Apa itu Pemrograman? Pengertian Dan Cara Kerjanya dengan alamat link https://bangcombat.blogspot.com/2019/03/apa-itu-pemrograman-pengertian-dan-cara.html

Belum ada Komentar untuk "Apa itu Pemrograman? Pengertian Dan Cara Kerjanya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel